Minggu, 05 November 2017

Teks Eksposisi


Manfaat Air Sungai
    
     Sungai adalah aliran air yang panjang dan mengalir dari hulu ke hilir. Air sungai memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Seperti kegiatan MCK, berjualan (pasar apung) ,dan masih banyak lagi.
      Namun, yang paling bermanfaat bagi kehidupan kita adalah untuk pengairan sawah dan ladang. Tanpa adanya sungai bagi pengairan sawah dan ladang, kita tidak akan mungkin bisa mendapatkan nasi, buah dan sayur karena sawah dan ladang yang kering akibat kekurangan air.
     Para petani memanfaatkan air sungai untuk mengairi sawah dan ladang mereka. Seperti misalnya petani yang melakukan terasering. Para petani yang melakukan hal ini biasanya menggunakan suatu alat atau teknologi untuk mengalirkan air dari atas bukit sampai bawah.
     Tetapi, air sungai saat ini sudah banyak tercemar. Penyebab utamanya adalah ulah manusia. Salah satu ulah manusia yang sering dilakukan adalah membuang sampah sembarangan ke sungai. Sampah itu juga tidak hanya sampah plastik, tetapi juga limbah pabrik dan limbah rumah tangga.
     Ulah manusia yang sering membuang sampah atau limbah sembarangan membuat air sungai kotor, kumuh dan tidak layak pakai.
     Kita juga seharusnya menjaga kebersihan air sungai. Karena kehidupan kita sangat bergantung pada air sungai. Tanpa air sungai, kita tidak akan bisa mendapatkan beras, buah dan sayur. Tanpa air sungai mungkin beberapa diantara kita tidak dapat melakukan kegiatan MCK.
     Kebiasaan buruk kita terhadap sungai pasti juga akan berdampak buruk bagi kita. Misalnya jika sungai penuh dengan sampah dan suatu hari hujan deras turun, itu pasti akan menyebabkan banjir dan yang rugi atau yang terkena dampaknya adalah kita sendiri.
     Oleh karena itu, jagalah sungai kita. Hentikan kebiasaan buruk kita yang dapat mengotori sungai seperti membuang sampah sembarangan ke sungai. Karena sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.
    Sungai adalah salah satu sumber yang mendukung kehidupan kita. Jadi, jagalah sungai agar sungai kita tetap bersih.

Oleh : Novia Claresta M / X MIA 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar